blog merupakan blog pemberi informasi untuk kalian semua semoga saja kalian mendapatkan informasi menarik di blog ini.

Sistem Kerja Gaseous Fire Suppression System Dalam Pertambangan

Mining Fire suppression adalah peralatan yang wajib tersedia demi menjamin keamanan dan keselamatan pekerja, terutama dari risiko kebakaran. Pasalnya, tambang merupakan area yang memiliki banyak material mudah terbakar sehingga risiko terjadinya kebakaran cukup tinggi. Itulah sebabnya, penggunaan teknologi seperti fire suppression system untuk mengatasi musibah ini sangat diperlukan.

Sistem Kerja Gaseous Fire Suppression System Dalam Pertambangan

Dalam fire suppression system, terdapat serangkaian komponen yang secara bersama-sama bekerja untuk mencegah dan mengatasi musibah keebakaran. Mulai dari mendeteksi ketika muncul pemicu kebakaran hingga pemadaman api saat kebakaran mulai terjadi. Untuk proses ini digunakan zat khusus sebagai agen yang berfungsi untuk memadamkan api, salah satunya yaitu gas atau yang sering disebut gaseous fire suppression.

Berdasarkan FPAA (Fire Protection Association Australia), gaseous fire suppression system memiliki 2 cara kerja untuk memadamkan api, yaitu:

·         Inert gases: Mengurangi kadar oksigen dalam area yang terbakar agar api cepat padam karena oksigen merupakan salah satu bahan bakar untuk api. Dalam sistem kerjanya inert gases memanfaatkan jenis gas seperti argon, nitrogen, karbon dioksida, atau kombinasi dari gas tersebut. Pengurangan level oksigen yang terjadi bisa mencapai kurang dari 15%.

·         Synthetic gases: Menggunakan gas khusus yang sengaja dibuat untuk menghancurkan ikatan kimia yang terjadi saat kebakaran (sumber panas, oksigen, dan bahan bakar).  Hancurnya ikatan tersebut secara tidak langsung akan menyebabkan kebakaran menjadi semakin padam.

Pemadaman api yang menggunakan gas ini bersifat bersih dan tidak menimbulkan sisa zat apa pun pada area bekas kebakaran, sehingga sering disebut clean fire suppression system.  Itulah sebabnya fire suppression system ini banyak dipilih untuk melindungi area yang penuh dengan berbagai alat elektronik atau area yang sulit dicari penggantinya, seperti pertambangan. Meskipun begitu, agen ini dapat bekerja secara efektif untuk memadamkan api secara cepat.

Namun, agar fire suppression system ini dapat berfungsi secara optimal maka ada hal yang harus diperhatikan, yaitu :

·         Lakukan maintenance secara rutin untuk memastikan sistem ini siap bekerja sewaktu-waktu

·         Pastikan sistem ini dioperasikan sesuai dengan manual book yang diberikan oleh produsen

Hal yang tidak kalah penting yaitu, pastikan Anda memahami karakteristik dari gas yang digunakan sebagai agen untuk dapat mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan akibat agen tersebut. Semoga bermanfaat!

Share: